Ai Nurasiah, S.ST.,M.KM pada tangggal 6 – 8 September 2018 telah mengikuti konferensi Bidan di Dubai. Ketua Program Studi D III kebidanan tersebut salah satu presentan dan peserta dari Indonesia dalam acara International Confederation of Midwives (ICM) Combined Coference For Western Pacific, South-East Asia and Eastern Mediterranean Regions.Kegiatan tersebut dilaksanakan di Mohammed Bin Rashid University of Medicine and Health Sciences, Dubai. Lebih dari 150 peserta dari 20 Negara antara lain Indonesia, United Arab Emirat, Afganistan, Pakistan, Somalia, India, Swedan, Thailand, Iran, Netherlands, New Zeland, Bangladesh, Japan, China, Taiwan, Australia, Hongkong, Saudi Arabia, Philippines, Nepal dan United Kingdom. Dalam acara tersebut Ketua Prodi merasa bangga dan senang bisa menyajikan hasil penelitianya yang berjudul “Relationship Between Eating Culture With Anemia Among Postpartum Mother in Majalengka, Indonesia 2017”. Pada akhir presentasi dan diskusi yang berlangsung ± 45 menit Ketua Prodi tersebut mendapat ucapan selamat dan bangga dari Ketua ICM (Franka Cadée), ketua Ikatan Bidan Indonesia ( Dr. Emi Nurjasmi), ketua Pengurus Daerah Tingkat Jawa Barat (Mien Ratminah, S,ST).

Tema ICM tersebut Bidan sebagai Pemimpin terhadap kesetaraan dan kualitas perempuan dan keluarga. Karena Bidan seorang profesional kesehatan yang paling siap untuk mendukung perempuan dengan memberikan perawatan yang baik dan berkualitas tinggi di seluruh siklus kehidupan perempuan. Dengan demikian kegiatan ICM bertujuan untuk berbagi pengalaman, kebijaksanaan, aspirasi, dan pengetahuan bagi bidan untuk memimpin jalan menuju kualitas dan kesetaraan bagi perempuan.
Menurut Ketua Prodi kegiatan tersebut merupakan bagian penting untuk dijadikan bahan pengembangan kurikulum pendidikan kebidanan dalam menyiapkan lulusan kebidanan yang siap mental dan menjadi pemimpin untuk memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap perempuan, mengingat pentingnya kegiatan tersebut selain sebagai pemakalah ketua Prodi tersebut mengikuti seminar dengan berbagai topik antara lain : Quality and Advocacy, Capacity Building Midwifery Competency, Leading the Way for Midwifery Led Servis. Begitu juga mengikuti Workshop antara lain : Practical Skills in Midwivery, Improving Competency in Normal Birth Care, Respectful Maternity Care, Strengthening Midwivery.

Ketua Prodi menyampaikan terimakasih yang sebesar – besarnya karena atas dukungan dari Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan, Para pimpinan dan seluruh sivitas akademik beliau bisa mewakili STIKes Kuningan khususnya Program Studi Kebidanan yang merupakan satu – satunya STIKes di Indonesia yang mengikuti acara konferensi Internasional tersebut dan harapanya proses pendidikan Kebidanan di STIKes Kuningan bisa lebih unggul.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *